Menyimpan dan Membaca MicroSD Card dengan Arduino UNO

Aplikasi Arduino kita kali ini akan membahas cara menyimpan dan membaca SD Card dengan Arduino. Kapasitas memori EEPROM pada Arduino UNO san...

Aplikasi Arduino kita kali ini akan membahas cara menyimpan dan membaca SD Card dengan Arduino. Kapasitas memori EEPROM pada Arduino UNO sangat terbatas yaitu 512 bytes, walaupun pada sebagian besar aplikasi tidak memakainya. Fungsi EEPROM adalah untuk menyimpan data ‘semi permanen’, maksudnya ketika aplikasi Arduino berjalan kemudian ada data yang akan disimpan di EEPROM maka data tersebut akan tetap tersimpan walaupun power dimatikan. Berbeda dengan SRAM yang data akan hilang jika power dimatikan.

Pada aplikasi yang membutuhkan penyimpanan data banyak maka EEPROM tidaklah cukup, disini kita perlu media penyimpan data seperti SD Card, nah pada postingan kali ini kita akan membuat proyek “Menyimpan dan membaca data microSD dengan Arduino UNO”. MicroSD card agar lebih mudah koneksinya dengan Arduino kita tambahkan modul microSD Card.

Modul microSD Card

Hardware yang perlu disiapkan :

  • MicroSD  (SD Card)
  • Modul MicroSD Card
  • Push button (2)
  • Arduino UNO
  • Breadboard
  • Kabel konektor

Masukkan SD Card (micro SD) ke slot micro SD di modul. Setelah semua hardware siap, selanjutnya buat rangkaian untuk menulis dan membaca data micro SD dengan Arduino UNO seperti berikut ini :

Koneksi modul micro SD dengan Arduino :

Koneksi 2 buah tombol push button dengan Arduino :

Selanjutnya kita buat program untuk menulis dan membaca SD Card dengan Arduino UNO. Buka program Arduino IDE kemudian tulis code berikut :

Library SD (untuk akses SD Card) silakan unduh disini.

Simpan kemudian Upload. Untuk melihat hasilnya kita perlu Serial Monitornya Arduino IDE. Dari menu Tools – Serial Monitor kemudian seting baudrate pada 9600. Jika sukses maka akan tampil :

Berikutnya tekan tombol 1 (Tulis), pada Serial Monitor akan tampial :

Tekan tombol 2 (Baca) untuk perintah membaca SD Card dan menampilkan hasilnya di Serial Monitor :

Alhamdulillah akhirnya selesai juga proyek dasar Arduino : menulis dan membaca SD Card dengan Arduino UNO. Sahabat dapat mengembangkannya dengan membuat data logger Arduino, misalnya membaca suhu kemudian disimpan di SD Card.

Ok, semoga bermanfaat.


Sumber : Ardutech.com

COMMENTS

BLOGGER
acsaczxc
acascascascsa
Nama

7 Segment,2,Ardublock,2,Arduino,47,ATMega16,4,AVR Microcontroller,2,Counter,1,COVID-19,1,Elektronika,7,ESP32,3,ESP8266,1,Finger Print,1,Grafik,1,I2C,2,IoT,7,Jam Digital,1,Jam Waktu Sholat,1,Kalender Digital,1,Keypad,2,LCD,6,LDR,1,LED,5,Micro SD Card,1,Microsoft,1,Mikrokontroller,2,Motor,2,Motor Servo,2,NodeMCU,1,P10,1,Raspberry Pi,2,Relay,2,Resistor,2,RFID,1,Sensor Asap,1,Sensor Cahaya,1,Sensor Gas,2,Sensor Hujan,1,Sensor Kelembaban,6,Sensor Suhu,11,Sensor Ultrasonik,4,Solar Panel,1,STM32,5,Traffic Light,3,Transistor,1,USBasp,1,
ltr
item
Belajar Arduino dan Robotika: Menyimpan dan Membaca MicroSD Card dengan Arduino UNO
Menyimpan dan Membaca MicroSD Card dengan Arduino UNO
https://www.ardutech.com/wp-content/uploads/2020/02/32.-Cover-microSD_cr.jpg
Belajar Arduino dan Robotika
https://robotikawan.blogspot.com/2020/08/menyimpan-dan-membaca-microsd-card.html
https://robotikawan.blogspot.com/
https://robotikawan.blogspot.com/
https://robotikawan.blogspot.com/2020/08/menyimpan-dan-membaca-microsd-card.html
true
3524113465990287612
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy