Belajar Arduino 4 Channel Remote Control

Remote control yang sering kita temui dan gunakan adalah remote control televisi. Tombolnya sangat banyak, selain kontrol volume, pemilihan ...

Remote control yang sering kita temui dan gunakan adalah remote control televisi. Tombolnya sangat banyak, selain kontrol volume, pemilihan program dan juga menu. Jika kita hanya membutuhkan 4 saja untuk kontrol maka model remote TV menjadi kurang efektif. Nah ada satu alternatif jika kita ingin membuat aplikasi kontrol jarak jauh dengan jumlah obyek kontrol misalnya hanya 4 yaitu memakai remote control 4 channel YK04 dan kali ini akan kita buat aplikasi Arduino 4 channel remote control.

Bentuk remote control ini sangat simple, seperti remote control mobil untuk bagian transmitter (pemancarnya). Modul 4 Channels Remote Control terdiri dari 2 bagian : pemancar dan penerima. Bagian pemancar  (transmitter) terdapat Antenna serta 4 buah tombol ( A, B, C, D).

Spesifikasi bagian transmitter :

  • Operating voltage: DC 12V(23A / 12V battery x 1)
  • Operating current: 10mA at 12V
  • Radiated power: 10mW at 12V
  • Transmission distance: 50m – 100m
  • Transmitting frequency: 315MHZ
  • Modulation mode: ASK (Amplitude Modulation)
  • Encoder types: fixed code

Bagian penerima (receiver) terdapat 7 buah pin yang nantinya kita hubungkan dengan Arduino UNO. Spesifikasi bagian penerima :

  • Operating voltage: DC 5V
  • Receiver sensitivity is -98dB
  • Leg 7 bits: VT, D3, D2, D1, D0, +5V and GND

Remote Control ini cocok untuk kontrol robot, mobil, system keamanan serta aplikasi lain yang memerlukan kontrol secara wireless.

Sekarang kita langsung ke pembuatan aplikasi Arduino 4 Channel Remote Control. Siapkan kebutuhan komponennya.

  • Arduino UNO
  • Modul 4 Channel Remote Control YK04
  • Kabel konektor Male – Female

Berikutnya buat rangkaian seperti pada skematik.

[gb]

Koneksi Arduino UNO dengan modul remote control YK04  :

Berikutnya kita buat programnya dengan Arduino IDE. Ketik program berikut ini :

Setelah program di Upload ke Arduino UNO, selanjutnya buka Serial Monitor di Arduino IDE ( Toolsà Serial Monitor) kemudian seting baudrate 9600. Jika masih newbie  silakan baca – baca dulu materi dasar Arduino disini.

Silakan tekan tombol A pada remote control maka pada Serial Monitor akan tampil : “Tombol yang anda tekan : A”, coba juga untuk tombol yang lain.

Program baris pertama berupa seting pin 2,3,4,5 sebagai pin input. Pin tersebut yang terhubung dengan output receiver (D0, D1, D2, D3).

Selanjutnya pada program utama berupa pembacaan sinyal input (digital input) dari pin 2, 3, 4 dan 5. Pada kondisi idle logikanya “0” (low) yaitu ketika tidak ada tombol yang ditekan. Ketika ada tombol yang ditekan maka sinyal berubah menjadi “1” (high) . Sebagai contoh jika tombol “B” ditekan maka pin 2 akan berlogika “high“. Aksinya berupa pengiriman data serial.

Hal yang sama juga berlaku untuk tombol yang lain. Sahabat Robotikawan dapat memodifikasi arduino 4 channel remote control ini mnejadi aplikasi untuk menyalakan / mematikan lampu, tinggal diberi tambahan relay saja. Semoga bermanfaat.


Sumber : Ardutech.com

COMMENTS

BLOGGER
acsaczxc
acascascascsa
Nama

7 Segment,2,Ardublock,2,Arduino,47,ATMega16,4,AVR Microcontroller,2,Counter,1,COVID-19,1,Elektronika,7,ESP32,3,ESP8266,1,Finger Print,1,Grafik,1,I2C,2,IoT,7,Jam Digital,1,Jam Waktu Sholat,1,Kalender Digital,1,Keypad,2,LCD,6,LDR,1,LED,5,Micro SD Card,1,Microsoft,1,Mikrokontroller,2,Motor,2,Motor Servo,2,NodeMCU,1,P10,1,Raspberry Pi,2,Relay,2,Resistor,2,RFID,1,Sensor Asap,1,Sensor Cahaya,1,Sensor Gas,2,Sensor Hujan,1,Sensor Kelembaban,6,Sensor Suhu,11,Sensor Ultrasonik,4,Solar Panel,1,STM32,5,Traffic Light,3,Transistor,1,USBasp,1,
ltr
item
Belajar Arduino dan Robotika: Belajar Arduino 4 Channel Remote Control
Belajar Arduino 4 Channel Remote Control
https://www.ardutech.com/wp-content/uploads/2019/10/29.-RC1.jpg
Belajar Arduino dan Robotika
https://robotikawan.blogspot.com/2020/08/belajar-arduino-4-channel-remote-control.html
https://robotikawan.blogspot.com/
https://robotikawan.blogspot.com/
https://robotikawan.blogspot.com/2020/08/belajar-arduino-4-channel-remote-control.html
true
3524113465990287612
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy